Sawi Pahit Segar dan Kaya Serat

Chef Linda
Sawi punya banyak jenis. Karena mudah diolah, sayuran ini bisa dibuat menjadi berbagai hidangan. Dimakan segar atau diolah sama enaknya. Jenisnya yang satu ini renyah-renyah pahit dan segar. Makin lezat ditumis dengan udang.

Bagian batang dan daun sayuran ini bisa dimakan. Banyak juga dijumpai pada masakan Cina, India dan Pakistan. Karena batangnya sangat tebal sering juga dibuat acar India yang bernama Achar dan juga Cina yaitu Zha cai.

Sawi pahit dikenal juga dengan sawi hijau, sawi jabung, sawi daging, Brassica juncea atau Chinese mustard. Banyak tumbuh di Afrika, Italia, India, Cina, Jepang dan Korea. Karena sawi mudah rusak biasanya dilakukan fermentasi.

Di Cina, sawi pahit merupakan komoditas sayuran yang paling dijaga, karena mengandung nutrisi yang tinggi. Seperti, serat, vitamin B1, B2, B6, C dan E, serta klorofil, karoten dan mangan. Di Rusia, sawi pahit ini digunakan sebagai bahan produksi minyak dengan proses penyulingan minyak nabati terbaik.

Hasil fermentasi dari sawi pahit bertujuan untuk mengawetkan sawi pahit sekaligus merubah rasa, warna dan bentuknya. Setelah difermentasi sawi pahit akan berubah menjadi sawi asin atau yang dikenal juga dengan sayur asin.

Sumber: www.detik.com

No comments:

Post a Comment