Sedapnya Kue Putu Tradisional Nusantara

Chef Linda, Sedapnya Kue Putu
Dapur Ulat Bulu - Kue putu / puthu merupakan salah satu dari aneka kue basah tradisional makanan nusantara jenis kue yang terbuat dari tepung beras butiran kasar dan berisi gula merah dan parutan kelapa sebagai pelengkap penyajian. Biasanya kue ini dikukus dengan diletakkan didalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.

Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.

Cara pembuatan kue putu / puthu ini sangatlah mudah dan sederhana, gini:
Pertama siapin dulu bahannya, yaitu:
Terigu 250 gram
4 buah telur ayam
Santan kental 200ml
Gula pasir 220 gram
SP 1/2 sdt
1/2 butir kelapa parut kasar kupas kulit + garam sedikit di aduk rata kukus 10 menit

Prosedur:
Santan kental 200 ml di masak dengan daun pandan sampai mendidih kemudian biarkan dingin,
Kocok telur, gula, & SP sampai kembang trus masukan terigu & santan kentalnya perlahan sambil di aduk rata, siapkan cetakan putu ayunya, taruh kelapa parut di dalam cetakan paling bawah,baru tuang sedikit adonan yang sudah mengembang tadi,siap di kukus sampai matang.

Kue Putu Tradisional Nusantara
Tips :
  • Jika menggunakan bambu sebagai cetakan, masukkan sepotong kecil daun pisang atau pandan, sebagai alas cetakan, isi dengan tepung dan gula. Letakkan bambu dalam keadaan berdiri persis di atas lubang-lubang kukusan, jika lubang besar dan jarang2)
  • Pengganti pewarna dapat menggunakan daun suji, bikin dulu air suji, baru di tambah air dan diukur mencapai 300 ml.
Silakan meninggalkan pesan dibawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai pembuatan Kue Putu Tradisional Nusantara diatas. Thanks.

No comments:

Post a Comment